Eksplorasi Perintah Aplikasi Jaringan

21.56 2 Comments

Ada beberapa aplikasi jaringan yang dapat dilakukan di terminal sistem operasi berbasis Linux. Beberapa diantaranya yang sering digunakan adalah ping, hostname, traceroute, ifconfig, host, w3m, wget, dll. Kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai perintah w3m, wget, ssh, scp, dan rsync.


1. w3m
w3m merupakan perintah untuk mengakses web browser berbasis text di terminal. Karena diakses melalui terminal, jadi interfacenya masih belum sebaik web browser yang sering kita gunakan.

w3m [option] [URL]
 contoh akses situs google menggunakan w3m:


2. wget
wget merupakan perintah untuk mengunduh file dari jaringan.

wget [option] [URL]
Contoh wget untuk mengunduh file p07.html pada alamat http://cs.ipb.ac.id/~auriza/komdat


3. ssh
ssh merupakan perintah untuk menjalankan remote login program. Dengan ssh kita dapat melakukan kontrol pada komputer lain yang terhubung dalam suatu jaringan.


4. scp
Perintah scp (secure copy) bisa dilakukan setelah melakukan ssh. Scp digunakan untuk melakukan copy file antar host dalam suatu jaringan. Scp menggunakan ssh untuk transfer data.


5. rsync
Hampir sama dengan scp, rsync merupakan alat untuk melakukan copy file. Dengan menggunakan rsync, copy file dapat dilakukan antar host melalui remote shell maupun remote rsync daemon.


Khaidir Afif

Seorang Desainer Grafis yang juga menggeluti Game Development, Web Development, dan jurnalistik.

2 komentar: