Membuat Game Sederhana dengan Construct 2

01.30 , 0 Comments

Hello sobat aiti, lama tak berjumpa. Terlalu sibuk dengan dunia nyata membuat saya lupa update blog, akhirnya baru blogging lagi hari ini. Untuk kalian yang suka main game, gak selamanya mau jadi player doang kan ? Sekali-sekali jadilah seorang game maker, kalau game kalian dimainkan oleh banyak orang pasti seneng dong. Yang terpenting dalam membuat game adalah NIAT, KREATIF, dan LOGIS.

Oke, kalau sudah ada niat, lumayan kreatif, dan suka berpikir logis, tapi gak menguasai programming, apa masih bisa jadi seorang game maker ? Tentu saja. Untuk membuat sebuah game, tidak harus memiliki keterampilan programming kok, yang jago ngoding aja belum tentu bisa bikin game. Ada software untuk membuat game tanpa ngoding, namanya Construct 2 (Kalau mau download, klik di sini). Game yang dibuat di Construct 2 dapat dijalankan di browser yang mendukung HTML5. Atau jika Construct 2 kalian sudah berlisensi, dapat dibuat menjadi game Blackberry, Android, Windows Phone, Windows 8, Facebook, dan lain-lain.

Tampilan awal new project Construct2
Hal-hal penting dalam mebuat game di Construct 2 :

1. Punya ide membuat suatu game. Ide adalah hal terpenting kedua setelah niat. Jika sudah tahu game apa yang ingin dibuat, itu sudah mewakili 40% dari keseluruhan progress membuat game. Usahakan game yang dibuat memiliki alur cerita, sehingga tidak akan membuat player merasa bosan.

2. Bisa design. Karena untuk membuat game yang bagus, dibutuhkan item-item yang bagus pula. Kalau belum terlalu jago design, bisa ngambil dari google gambar "sprite" nya. (Sprite adalah sebutan untuk item-item atau objek-objek yang ada dalam game)

3. Memiliki logika bermain game. Walaupun dengan Construct2 bisa membuat game tanpa ngoding, tetap saja membutuhkan logika bermain game. Misalnya jika peluru mengenai musuh, maka darah musuh akan berkurang, dan jika darah musuh sudah habis, musuh akan mati.

Mungkin hanya ini yang bisa saya informasikan, jadilah seorang game maker yang berkarakter dan berbudi luhur. -Sekian-

Khaidir Afif

Seorang Desainer Grafis yang juga menggeluti Game Development, Web Development, dan jurnalistik.

0 komentar: